Laman

Sabtu, 26 Desember 2015

Didik Siswa Cinta Alam, SDIT Ar Raihan Bantul Gelar Outbound di Gua Cemara


BANTUL – SDIT Ar Raihan Bantul menggelar outbound di Gua Cemara bagi siswa-siswa kelas 1-2 Senin (21/12) kemarin. Menurut Yeni Lastiasih, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kecintaan para siswa atas alam sekaligus menumbuhkan keberanian dan membangun kerja sama dalam tim.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin sekolah yang ditujukan bagi siswa kelas 1 dan 2. Kami berharap, outbound ini akan menjadikan para siswa lebih mencintai alamnya, keberaniannya tumbuh, dan kemampuan bekerja samanya meningkat,” jelas Yeni Lastiasih.

Lebih lanjut, Yeni menyampaikan bahwa agenda yang digelarnya selaras dengan program Yayasan Ar Raihan untuk menjadikan lembaga-lembaga di lingkungan Ar Raihan “green and clean”.

“Program green and clean yang dicanangkan Yayasan Ar Raihan akan terwujud jika rasa cinta terhadap alam telah tertanam sejak dini. Oleh karena itu, individu yang disasar dalam program outbound ini adalah siswa-siswa kelas 1 dan 2,” ungkap Wakil Kepala SDIT Ar Raihan bidang Kesiswaan itu.

Yeni menjelaskan, di antara program “green and clean” yang sudah dilaksanakan di sekolahnya adalah program 4R, yakni reduce (kurangi pemakaian), reuse (pakai ulang), recycle (daur ulang), dan repair (perbaiki). Dihubungi secara terpisah, Ketua Panitia kegiatan, Yunus Rohadi, menyampaikan bahwa peserta yang ikut dalam kegiatan terdiri atas 168 siswa yang didampingi oleh guru-guru dan tim pembina pramuka SDIT Ar Raihan. Selama setengah hari para siswa bermain meniti tali, permadani terbang, estafet tepung-air, memasukkan paku ke dalam botol, marayap, dan gunung pasir.

“Kegiatan tersebut menggabungkan aspek olahpikir, olahraga, dan olahrasa. Hal ini sangat baik bagi perkembangan kepribadian siswa,” ujar Yunus. [sab]