Gudep SDIT Ar Raihan Ikuti Pesta Siaga Kwarcab Bantul

Tim Pesta Siaga SDIT Ar Raihan berfoto bresama (2/10).
Bantul, Arraihan.org--Sebanyak 466 Pramuka Siaga se-Kabupaten Bantul, mengikuti Pesta Siaga pada Minggu (22/10/2017) di Kompleks Pemda II Manding dan sekitarnya. Pesta siaga adalah pertemuan para Pramuka Siaga yang berisi acara kegiatan bersama antara perindukan beberapa Gugus Depan, sesuai dengan perkembangan jasmani dan rohani. Pesta Siaga Tahun 2017 diarahkan untuk membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antarsesama Pramuka Siaga. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bantul dengan mengusung tema “KEREN, GEMBIRA, ASYIK”.

SDIT Ar Raihan Bantul mengirimkan 4 barung dalam acara Pesta Siaga Kwartir Cabang Bantul ini. Pramuka siaga yang diwakili oleh siswa yang duduk di kelas IV ini mengikuti rangkaian kegiatan Pesta Siaga dengan begitu bersemangat.

Diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Bapak Drs H. Totok Sudarto, M.Pd, selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bantul. Usai upacara pembukaan, sebanyak 78 barung, terdiri dari 39 barung putra dan 39 barung putri yang terbagi dalam 17 Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka mengikuti karnaval dengan meriah dan kemudian paket karnaval ditutup dengan penampilan yel-yel.

Kemeriahan dilanjutkan dengan bazar makanan tradisional. Setiap barung telah dibekali uang mainan untuk transaksi. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan kepada para Pramuka Siaga tentang kegunaan uang sebagai alat transaksi sekaligus mereka belajar bertransaksi dengan benar.

Kegembiraan para Pramuka Siaga semakin terasa saat mereka mengikuti kegiatan Giat Siaga yang berisi paket Siaga Gembira dan Siaga Asyik. Dalam paket kegiatan ini, mereka diasah jiwa kompetisinya secara jujur dan sportif. Jenis kompetisi dalam Siaga Gembira yakni jam dan arah mata angin, menyanyikan lagu Nasional, menjodohkan lagu kebangsaan, alat komunikasi modern-tradisional, Pancasila, dan Dwi Dharma – Dwi Satya. Adapun paket Siaga Asyik terdiri dari menggambar tunas kelapa, tali-temali, menyebutkan fungsi Tanaman Obat Keluarga (Toga), kim cium-raba, basket mini dan lempar kolong. (Umi/Pipin)